Bagaimana Cara Komplain Ke Shopee? Menjadi salah satu platform yang ramai digunakan berbelanja online, shopee selalu meramaikan perbelanjaan di dunia maya. Tak hanya di Indonesia, beberapa negara juga membuka cabang. Karena memang tempat belanja online adalah tempat yang notabenenya aman,nyaman,murah dan selalu mengedepankan konsumen. Sayangnya apabila ada masalah mungkin banyak customer atau pembeli yang dilemma harus berbuat apa.
Faktanya dengan adanya customer service, kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi informasi yang notabenenya dibutuhkan. Dalam artikel ini, kami ingin merekomendasikan tentang bagaimana cara komplain ke shopee yang benar untuk beberapa kasus bisa anda coba ketahui.
Shopee sendiri ada aplikasinya yang harus diunduh, sebagai pengguna tentunya sudah tak asing lagi dengan hal ini. Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut apabila anda lewat aplikasi shopee :
Download aplikasi shopee : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id&hl=en_US
Customer Service pastinya terkadang tak bisa fast respon setiap saat. Dengan mencoba menghubungi langsung lewat nomor telepon. Tentunya kita akan sangat amat terbantu, dengan cara menghubungi langsung nomor ini :
021 8064 7100/ 1500702
Hal ini dilakukan apabila anda menginginkan jawaban customer service secara cepat, kita akan bisa komplain dengan mudahnya. Mengingat, customer service shopee terkadang kurang cepat. Kami merekomendasikan untuk menghubungi customer service yang ada dan juga nomornya tertera untuk langsung ditelpon oleh anda. Pastikan juga apabila menghubunginya,anda harus menyebutkan banyak hal secara detail tentang komplainan yang akan anda ajukan. Karena menurut pengalaman, kami menjelaskan tentang beberapa hal yang detail tentang pesanan.
Komplain ke seller sendiri adalah hal yang biasa, karena terkadang barang dikirim tak sesuai deskripsi. Kita dilemma harus bagaimana. Faktanya kita tak boleh menyalahkan kurir karena tak sesuai pesanan. Banyaknya kasus yang berada dan viral, kurir selalu menjadi korban dari semua masalah. Apabila mungkin anda dilema karena tak sesuai ekspestasi. Anda bisa chat kepada seller
-Buka aplikasi/browser shopee anda
-Cari seller yang dituju, chat dan complain
-Ikuti panduan dari seller, jika bisa pesanan jangan diklik diterima
-Apabila dirasa sangat amat merugikan bisa laporkan toko seller ke shopee apabila memang tak mau diretur atau berikan bintang 1.
Karena banyaknya kasus penjual fiktif di shopee, kita sebagai pembeli juga harus berhati hati dan juga memperhatikan dengan benar. Karena memang bila kita tak tegas, seller akan menjadi jadi. Oleh karena itu, kami mencoba sedikit tips dari pengalaman yang pernah dirasakan kami.
Apabila barang hancur di perjalanan, rusak,tergores,retak tak sesuai ekspestasi kita. Sebagai pembeli kita harus memperhatikannya. Dengan cara menuntut seller atau complain ke customer service (apabila tak ditanggapi seller). Kita harus menyiapkan bukti bukti, dengan cara memfoto saat unboxing atau juga merekam video.
Sebagai orang yang memperhatikan hal yang detail. Tentunya anda akan mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Karena menurut pengalaman sendiri, memesan barang tapi tak sesuai deskripsi. Kami langsung chat seller dan akhirnya kami memberi bintang 1 karena tak ditanggapi sama sekali. Hal ini kami lakukan karena saat sampai di rumah kami mendapati pesanan yang tak sesuai. Kami langsung memfoto dan merekam video saat sedang unboxing pesanan yang dibeli.
Sama hal nya dengan memesan sebuah kendaraan online yaitu ojek online. Apabila kita tak puas pastinya akan menekan bintang 1. Salah satu cara kita komplain, saat customer service maupun seller tak menanggapi. Lama lama toko online yang ada di shopee tersebut pastinya bangkrut dan juga performa turun. Para pembeli juga akan ragu apabila ada bintang 1 yang banyak, dengan cara memperhatikan hal tersebut. Pastinya seller akan kapok dan juga toko akan sepi.
Sebenarnya tak hanya produk saja, kita harus melihat detail masalah yang ada. Mengingat, produk maupun detail masalah yang ada terkadang rumit. Tentunya harus kita pahami dengan benar. Misalnya tentang shopeepay yang eror, dana yang belum masuk, transfer saldo berkurang tapi tak masuk ke penerima dan lain lain.
Dengan memiliki alasan yang kuat dan jelas. Kita bisa mendapatkan banyak hal yang ada untuk dikomplain. Jangan sampai hanya komplain tanpa alasan yang jelas. Terkadang customer service akan bingung, paling tidak menyampaikan masalah yang kita hadapi secara detail dengan cara menjelaskan secara detail dan rinci.
Maintanance atau gangguan adalah hal yang menyebalkan, mungkin sewaktu waktu shopee sedang update atau gangguan. Kita sebagai pembeli harus bersabar, jika kita sudah komplain sebaiknya untuk mencoba tidak terus menerus komplain. Biasanya untuk gangguan kita akan terganggu selama 1×24 jam. So, maka dari itu. Sebagai orang yang menginginkan penyelesaian masalah. Wajib bersabar sampai gangguan atau update yang dialami oleh shopee selesai. Bentuk komplain yang kita ajukan tak terlalu rumit. Dengan adanya penjelasan dari pihak shopee juga kita tentunya bisa tenang. Jadi untuk permasalahan sedang gangguan tak perlu anda buat risau ya.
Yang terakhir yang bisa kami bagikan dan berikan tips untuk anda langsung coba datangi kantor shopee. Walaupun kantor shopee pusat atau yang besar ada di Jakarta. Tapi, shopee untuk beberapa daerah sudah banyak juga sangat menjamur. Apabila anda berada tak di Jabodetabek, anda jangan khawatir. Karena anda bisa mencari di kota terdekat sesuai domisili anda. Biasanya mengkomplain ke kantor shopee, adalah hal yang paling terakhir dilakukan. Ketika pesanan tak sampai, atau konfirmasi kehilangan barang atau juga yang berkaitan dengan produk atau pesanan. Berbeda dengan kasus lain, kita tentunya tak akan bisa ke kantor shopee khusus produk. Tapi, hal ini bisa dicoba juga untuk beberapa kasus yang menurut anda tak bisa ditangani lagi.
Dari beberapa penjelasan yang sudah kami jelaskan diatas, mana menurut anda efektif dan benar? Kami membagikan tips ini semata mata karena ingin membantu anda dalam menyelesaikan masalah internal Bersama shopee. Karena menurut pengalaman, beberapa orang bingung bagaimana cara komplain ke shopee. Langkah Langkah diatas kami dapatkan dan bagikan karena sesuai pengalaman. Jadi jangan sampai tak mencobanya, ya walaupun juga dianggap sepele. Tapi, terkadang masalah yang dihadapi tak bisa untuk kita hadapi. Dengan cara komplain yang benar, kita bisa mendapatkan kejelasan dan solusi dari pihak shopee atau seller shopee.